EVALUASI BELAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI

Bagikan

oleh P3GTK

Di masa darurat pandemi covid-19 tak menjadikan tugas-tugas kepengawasan berhenti. Setidaknya itu yang dilakukan Dra. Endang Rahayu Mugi Astuti, M.Pd., pengawas SD Kabupaten Boyolali. Selama empat bulan kebijakan belajar dari rumah (BDR), Endang sudah menggelar tiga kali webinar bekerja sama dengan Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Boyolali.

 

“Webinar dengan peserta mencapai 400-500 orang membahas kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam mengajar siswa selama kebijakan BDR,” kata Endang ketika berbicara pada pada Seri Webinar Guru Belajar yang diselenggarakan Direktorat Profesi Pendidik dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, pada 1 Juli 2020, melalui aplikasi zoom meeting dan disiarkan langsung di kanal Youtube P3GTK Kemdikbud.

 

Webinar juga bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam menguasai literasi digital, serta meningkatkan kinerja pengawas sekolah dan kepala sekolah. Ia juga mengggas perlunya evaluasi BDR. Selain sebagai bagian dari tugas pengawas sekolah, evaluasi BDR juga untuk mencari solusi dan rekomendasi kepada berbagai pihak.

 

Evaluasi BDR dilakukan untuk mendapatkan masukan dari seluruh pemangku kepentingan, pendidikan termasuk siswa dan orang tua siswa. Evaluasi juga untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan peserta didik. “Selaku pengawas harus mampu memberi solusi kepada sekolah binaan dalam mengatasi kelemahan-kelamahan pada peserta didik,” katanya.

 

STUDI DATA DAN ANGKET

 

Ada dua cara evaluasi BDR yang dilakukan Endang. Evaluasi pertama berdasarkan studi data yang dikirimkan oleh guru dan kepala sekolah, baik dari laporan harian guru, maupun laporan mingguan sekolah. “Inilah yang kami analisis dan identifikasi untuk evaluasi masalah,” katanya.

 

Evaluasi kedua, melalui angket  atau kuisioner secara daring kepada warga sekolah, dari kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. “Angket disusun berdasarkan empat regulasi yang ada dan mengembangkan dari referensi terkait kebijakan BDR,” ucapnya.

 

Endang berharap apa yang dilakukan bisa menginspirasi pengawas sekolah dalam melakukan evaluasi BDR. Ia merekomendasikan kepada berbagai pihak untuk mengembangkan evaluasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan pengawas sekolah.  

 

Menurut Endang, jika hasil evaluasi yang dilakukan terdapat kelemahan, seorang pengawas harus melakukan program baru. Misalnya program untuk meningkatkan hasil belajar siswa disebabkan rendahnya penyampaian materi yang dilakukan guru. Guru seharusnya menyampaikan materi yang bersifat kearah psikomotorik, keterampilan atau karakternya, bukan kognitif. “Jika materi yang diberikan bersifat kognitif anak akan terbebani,” kata Endang.

 

MEMBINA GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

Di masa pandemic, pengawas sekolah juga harus melakukan pembinaan tidak berdasarkan kepada ketuntasan kurikulum. Melainkan menyesuaikan dengan kondisi yang ada, sesuai dengan protokol kesehatan dan keselamatan siswa. “Jadi dari laporan yang masuk kami analisis ternyata masih banyak guru yang membebani peserta didik,” ucap Endang.

 

Endang mencontohkan perlunya guru Menyusun RPP harian yang lebih adaptif, menyenangkan, dan kreatif. Tujuannya agar kemampuan siswa meningkat dan mampu menghasilkan karya. “Bukan harus mendorong siswa agar menuntaskan indikator-indikator kompetensi dasar yang ada di kurikulum,” ujarnya.

 

Endang juga memberikan latihan kepada guru agar mampu memanfaatkan literasi digital. Alasannya karena belum semua guru siap ketika BDR dilaksanakan. Sementara untuk sekolah, ia melakukan pemantauan secara terus menerus. Agar regulasi dan protokol kesehatan bisa terpenuhi.” Jadi nanti semua sekolah dapat dengan lancar melaksanakan pembelajaran di masa new normal ini,” ujar Endang.

 

 

Jakarta, 1 Juli 2020

 

Direktorat P3GTK

Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Situs web: p3gtk.kemdikbud.go.id

Facebook: dit.p3gtk.kemdikbud

Instagram: dit.p3gtk.kemdikbud

Youtube: P3GTK Kemdikbud

Twitter: P3GTK_Kemdikbud

Tag:
Artikel Terkait