IMPLEMENTASI APLIKASI E-PENGAWASAN 5.0

Bagikan

oleh DS

Jakarta, Direktorat P3GTK, Kemendikbud---  Patut disyukuri langkah besar yang sudah dilakukan Asosiasi Pengawas Sekolah (APSI) untuk membantu kerja para pengawas sekolah. APSI sudah memfasilitasi aplikasi e-pengawasan versi 5.0 yang memudahkan tugas pokok pengawas sekolah. Baik dalam melaksanakan pengawasan akademik atau manajerial, meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan delapan Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan, pelatihan, dan evaluasi.  

 

APSI tengah mengembangkan aplikasi e-pengawasan dapat diakses dari situs web, agar lebih mempermudah kinerja pengawas menjadi lebih efektif. “Kita sebagai pengawas sekolah tentu selalu berupaya melakukan inovasi dan trik-trik strategi yang membuat kinerja kita efektif sesuai yang kita harapkan. serta dapat mencapai kepada guru dan kepala sekolah binaan kita,” ujar Dr. Dyah Sulistyowati, M.Pd., Pengawas SD Dinas Pendidikan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

 

Dyah menjadi pembicara kedua pada Seri Webinar Guru Berbagi jilid keenam, pada Rabu, 8 Juli 2020. Seri Webinar diselenggarakan Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Dit. P3GTK), melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube, P3GTK Kemdikbud. 

 

Menurut Dyah, aplikasi digital e-Pengawas 5.0 besutan APSI ini semakin memudahkan  pelaksanaan pengawasan di sekolah. Lewat aplikasi ini ke depan, pengawas tidak perlu menggunakan cara-cara manual dalam menyimpan portofolio, di mana data-data yang diperoleh dari sekolah binaan disimpan dalam bentuk cetakan. “Kadang-kadang berserakan dan mencarinya susah atau lupa menyimpannya dimana,” kata Dyah.

 

Dengan adanya aplikasi portofolio digital, kata Dyah,  semua tugas kepengawasan menjadi mudah. Pengawas sekolah bisa menyimpan hasil pengawasan maupun pengembangan profesi dalam bentuk karya. Baik itu best practices, makalah ilmiah yang dipresentasikan dalam forum ilmiah maupun karya inovatif ataupun inovasi dalam bentuk karya penelitian.

 

Melalui aplikasi ini, data-data dari sekolah binaan tersimpan dalam satu aplikasi yang mudah dicari,  mudah digunakan, dan mudah diakses manakala akan digunakan untuk pengembangan karier kepengawasan. “Kita tidak kesulitan mencari bukti fisik yang berserakan. Kita tinggal membuka portofolio digital melalui aplikasi e-pengawas 5.0,” ujar Dyah.

 

PENGAJUAN DUPAK

 

Pengawas sekolah sebagai jabatan fungsional menjadikan berbagai tugas dan pekerjaan harus dijadikan bukti kinerja sebagai penambah angka kredit melalui Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK). “Begitu kita merasa apa yang telah kita miliki cukup memenuhi syarat, kita buka dan tata untuk pengajuan DUPAK,” tuturnya.

 

Pengajuan DUPAK sendiri dilakukan dalam rangka untuk memperoleh penghargaan angka kredit sebagai bukti prestasi kinerja yang telah dilakukan oleh pejabat fungsional. Setelah DUPAK diajukan kepada tim penilai angka kredit, pengawas akan mendapatkan Penetapan Angka Kredit (PAK) yang bisa digunakan untuk kenaikan jabatan fungsional dan juga untuk kenaikan pangkat. “Untuk saat ini seperti itu, berbeda dengan dulu,” kata Dyah.

 

MOTIVASI DIRI UNTUK TRANSFORMASI

 

Zaman yang terus berubah menuntut pengawas sekolah agar ikut bertransformasi. Pola kerja pengawas yang dilakukan dengan cara konvensional harus diganti menggunakan media berbasis digital. Pengawas bisa menggunakan sarana teknologi dalam menyelesaikan beragam permasalahan yang sedang dihadapi, khususnya akibat pandemi covid-19. “Karena inilah kita perlu mentransformasi kinerja agar tupok kita tetap dilakukan,” ujar Dyah.

 

Kepada para pengawas, Dyah meminta agar penggunaan teknologi di masa pandemi ini dijadikan sebagai sebuah kebiasaan baru yang harus terus dilakukan. Pengawas terbiasa melaksanakan pekerjaanya secara virtual. Ia juga meminta agar para pengawas tidak kembali menggunakan kebiasaan lama. “Kebiasaan baru yang efektif membantu kita harus diteruskan,” tutur Dyah.

 

Jakarta, 8 Juli 2020

 

Direktorat P3GTK

Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

Situs web: p3gtk.kemdikbud.go.id

Facebook: dit.p3gtk.kemdikbud

Instagram: dit.p3gtk.kemdikbud

Youtube: P3GTK Kemdikbud

Twitter: P3GTK_Kemdikbud

Artikel Terkait